Selasa, Agustus 25, 2009

Aplikasi Terbaik Buat Hardware Anda Bagian 1

Ketika otak para hacker berkumpul bersama untuk memaksimalkan potensial alat elektronik yang terlihat sederhana, hmmm..alangkah indahnya!! Di bawah ini terdapat sekumpulan fitur/hack yang membuat upgrade mahal terasa kurang bermanfaat dan menghadirkan fitur-fitur keren pada gadget Anda. Tahun lalu, iPhone dan iPod Touch dibobol habis-habisan, router nirkabel dilengkapi dengan firmware super, digicam Canon mendapatkan tenaga tingkat pro dan Nintendo Wii ternyata menjadi jauh lebih bermanfaat lagi. Lalu, aplikasi mana saja yang bagus?

Mari coba kita bahas satu per satu aplikasi pilihan beberapa pembaca situs Lifehacker.

Jailbreak iPhone/iPod Touch



Ketika iPhone 3G dengan firmware 2.0 dirilis, beberapa pihak berpikir kalau ini mungkin adalah akhir dari jailbreaking (proses membuka iPhone/iPod Touch untuk diinstal aplikasi pihak ketiga dan lainnya yang tidak direstui Apple). Ternyata mereka salah, bahkan prosenya pun menjadi jauh lebih mudah dengan Pwnagetool berbasis Mac dan quickpwn untuk iPod Touch (Windows & Mac).

Akhir-akhir ini Apple juga sering dikritik karena terkadang menolak berbagai macam software yang "meniru" fungsionalitas aplikasi Apple sendiri tetapi justru melewatkan beberapa aplikasi lain tanpa ada alasan yang jelas. Jadi jailbreaking tampaknya masih tetap menjadi favorit untuk alat-alat bersensor sentuh milik Apple.

Canon Hacker's Development Kit (CHDK)

Jika Anda tertarik dengan fotografi dan ingin mencoba berbagai fitur seperti time-lapse photography, motion sensing shutter yang bisa menangkap cahaya kilat atau merekam video berdurasi panjang, Anda tidak membutuhkan kamear DSLR yang mahal, tetapi hanya sebuah digicam Canon.

CHDK memungkinkan Anda melakukan lebih dengan digicam Canon termasuk merekam foto-foto dalam format RAW yang cocok dipakai di semua tempat, mendapatkan lebih banyak informasi tentang foto dan pengaturannya, atau istilah kasarnya membuat digicam sederhana Anda menjadi kamera super. Kemungkinannya sangat luas, melihat jumlah skrip buatan para pengguna yang bisa dijalankan oleh CHDK.

Penguat Wi-Fi Rumahan

Tentu saja Anda bisa memberikan Linksys (bisa juga Buffalo, D-Link, Apple, atau lainnya) tambahan uang ekstra untuk mendapat perluasan sinyal dari standarnya untuk ruang keluarga atau kantor Anda. Tapi, jika Anda berniat untuk menggunakan sedikit kemampuan teknik Anda, Anda bisa menciptakan sendiri antena berkekuatan tinggi. Beberapa di antaranya adalah menggunakan salah satu dari 10 modifikasi hotspot terbaik.

Apabila tertarik untuk memodifikasi router nirkabel Anda jangan lupa baca juga artikel yang menjelaskan cara mengubah router nirkabel $60 menjadi router $600 secara gratis.

XBOX Media Center (dan varian-variannya)



Dengan XBOX Media Center, Anda bisa mengubah XBOX Anda menjadi sebuah media center yang menggabungkan fungsi televisi, stereo dan lainnya. Sejauh ini, XBMC memiliki beberapa fitur tambahan keren seperti Boxee, yang sekarang bisa bekerja dengan lebih banyak sistem yang memiliki video card dan hard drive - Windows, Mac, Linux, model XBOX, dan bahkan Apple TV.

Jika Anda memiliki lebih dari satu sistem, Anda bisa menonton video atau mendengar MP3 hasil unduh Anda sendiri pada setiap pojok rumah Anda. Yaa pokoknya gunakanlah semua yang ada pada XMBC.

Bagaimana dengan aplikasi di atas? Bagian kedua dari artikel ini dapat Anda baca di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar