Jumat, Agustus 14, 2009


Amerika rilis peringatan spionase cyber di China

Aug 09

oleh yohanes, pada 9:21 am 3 Views

China dianggap sebagai salah satu negara yang sangat aktif dalam spionase cyber, selain itu ada banyak sekali kasus pencurian data kartu kredit yang dilakukan dari China dan Asia. Karena dua hal tersebut, pemerintah Amerika serikat telah mengeluarkan peringatan kepada para warga negaranya agar sangat berhati-hati dalam menggunakan perangkat elektronik di China.

Saran-saran yang diberikan kadang sangat ekstrem, misalnya mencabut batere telepon dan blackberry, karena dikhawatirkan devicenya dapat diaktifkan secara remote dan mikrofonnya dapat dinyalakan sebagai alat untuk penyadapan. Namun demikian kebanyakan saran yang lain sangat masuk akal, misalnya untuk mengganti password sebelum dan sesudah mengunjungi China, dan berhati-hati dalam menggunakan warung Internet.

Sumber: http://www.cbsnews.com/stories/2008/08/07/eveningnews/main4329769.shtml

Google Luncurkan Situs Olimpiade 2008

Aug 08

oleh yohanes, pada 7:05 pm 8 Views

Ingin mengikuti perkembangan olimpiade China 2008? Anda bisa melihat Aneka Informasi mengenai olimpiade 2008 di situs yang baru diluncurkan Google. Anda bisa melihat perolehan medali, video youtube, jadwal, peta daerah sekitar stadium, dan aneka berita seputar olimpiade.

Silakan kunjungi situsnya di : http://www.google.com/landing/summergames2008/index.html

Apple tarik aplikasi seharga $1000 untuk iPhone

Aug 08

oleh yohanes, pada 12:41 pm 10 Views

Seorang developer bernama Armin Heinrich beberapa hari yang lalu merilis aplikasi untuk iPhone seharga 1000 USD di iTunes Store (tepatnya 999.99 USD, batas maksimum yang dijinkan). Apa yang dilakukan aplikasi tersebut? tidak ada, selain menampilkan gambar permata berwarna merah. Deskripsi aplikasi ini menyatakan bahwa aplikasi ini hanya untuk menunjukkan ke teman-teman Anda bahwa Anda sangat kaya, dan membeli aplikasi 1000 USD bisa Anda lakukan.

Saat ini apple telah menarik aplikasi tersebut dari iTunes Store, karena sudah ada yang mengkomplain bahwa mereka "tidak sengaja" membeli aplikasi tersebut. Hal ini bisa terjadi karena mereka mengaktifkan fitur iClick, fitur ini memungkinkan orang dengan mudah membeli lagu atau aplikasi cukup dengan mengklik saja, tanpa perlu memasukkan kembali nomor kartu kredit.

Menurut Armin Heinrich, developer aplikasi yang bernama "I am Rich", sudah ada 8 orang yang membeli aplikasi ini, enam dari Amerika dan satu dari Jerman dan satu dari Perancis. Tidak diketahui apakah orang-orang tersebut membelinya dengan sengaja atau tidak.

Sumber: Los Angeles Times Blog

Google Luncurkan Layanan Musik Gratis Di China

Aug 08

oleh yohanes, pada 7:21 am 11 Views

China saat ini sudah menjadi negara dengan pengguna Internet yang terbesar. Namun sayangnya mereka belum menjadi pasar komersial bagi Industri musik, saat ini 90% musik yang didownload para pengguna Internet di China merupakan bajakan. Banyak musik bajakan yang didownload dicari dengan menggunakan search engine Baidu.

Di China Google hanya menguasai 26% pasar search engine sedangkan Baidu menguasai 63%. Google dalam usahanya mengalahkan Baidu, berusaha bekerja sama dengan penyedia konten musik untuk menyediakan musik gratis yang legal dengan membagi pendapatan iklan kepada penyedia konten musik.

Sumber: reuters

Search Engine Wajah

Aug 07

oleh yohanes, pada 7:55 pm 21 Views

Google baru-baru ini menambahkan fitur pencarian wajah dengan menambahkan parameter &imgtype=face pada URL image search, namun saat ini hal ini masih terlalu repot bagi user biasa. Seseorang telah membuat Face Search, sebuah search engine yang memanfaatkan Google API untuk mencari wajah. Face search cukup akurat dalam menemukan wajah orang terkenal, seperti misalnya Dian Sastro namun tidak bisa memberikan hasil yang baik untuk orang yang kurang terkenal. Hasil pencarian ditampilkan dalam bentuk coverflow menggunakan ProtoFlow.

Sumber Face Search.

Komputer 12 USD untuk pendidikan

Aug 07

oleh yohanes, pada 10:09 am 18 Views

Beberapa lulusan MIT ingin memulai proyek komputer 12 USD untuk edukasi. Berbeda dengan proyek OLPC (one laptop per child), komputer ini tidak memiliki layar sehingga harus dihubungkan dengan televisi. Komputer ini hanya akan memiliki prosessor yang lambat, hanya 1.78megahertz (bukan gigahertz), dan memori dalam ukuran kilobyte (bukan megabyte). Komputer ini akan berbasis pada game console NES (Nintendo Entertainment System) yang sudah ada sejak 1980-an.

Sebenarnya saat ini di Indonesia sudah banyak beredar "komputer" dengan hardware yang dimaksud. Banyak toko game yang menjual tiruan nintendo sebagai "komputer pendidikan" yang hanya terdiri atas "keyboard" dan mouse. Dalam "keyboard" tersebut terdapat chip yang mengemulasikan sistem nintendo dan bisa dihubungkan ke layar televisi. Selain berisi game, ada beberapa mainan pendidikan yang bisa digunakan.

Berdasarkan design Nintendo, para alumni MIT ingin menambah hardware agar dapat digunakan untuk jaringan internet. Selain itu mereka juga berusaha menambah software yang tersedia agar bisa lebih berguna untuk pendidikan.

Sumber: slashdot, computerworld, dan website resmi.

Google Health Diluncurkan

May 21

oleh yohanes, pada 7:10 am 355 Views

Google baru saja menyelesaikan testing terbatas untuk Google Health dan mulai merilisnya ke publik. Google health adalah website dimana Anda bisa memasukkan informasi kesehatan (misalnya penyakit, alergi, dll) dan sejarah kesehatan (misalnya operasi, imunisasi, dll). Bagi mereka yang tinggal di Amerika, Google bekerja sama dengan partner rumah sakit dan penyedia jasa kesehatan.

Informasi-informasi ini kemudian dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Secara umum Google dapat mengindikasikan jika ada obat yang mungkin bereaksi pada Anda misalnya Anda alergi penisilin, tapi mendapatkan obat amoxicilin. Google juga bisa membantu menemukan dokter dan rumah sakit terdekat.

Bekerja sama dengan partner-partnernya, Google juga bisa digunakan untuk memesan resep secara online dan Anda juga bisa mengimpor data-data Anda yang ada pada partner Google masuk ke dalam Google Health.

Silakan baca tour singkat Google Health di: https://www.google.com/health/html/tour/index.html

Proyek OLPC (Laptop 100 USD)

May 17

oleh risna, pada 11:27 pm 461 Views

Sejak tahun 1997, proyek One Laptop per Child (OLPC) alias satu laptop untuk setiap anak sudah dirintis. Proyek ini ditujukan untuk membuka wawasan anak-anak di negara sedang berkembang.

Tahun 2007 lalu, akhirnya laptop ini sudah mulai diproduksi dan dijual secara umum walaupun masih terbatas di beberapa negara saja. Skema yang ditawarkan dalam membeli laptop ini adalah, Anda harus membeli 2 laptop sekaligus. Satu bisa Anda miliki, dan 1 lagi diberikan kepada Anak yang membutuhkan. Saat ini beberapa unit laptop sudah diberikan kepada anak-anak di Nigeria, Nepal dan Uruguay.

Awalnya, proyek ini bekerja sama dengan komunitas opensource untuk menyediakan sistem operasi dan juga perangkat lunak yang dibutuhkan. Namun baru-baru ini, Microsoft setuju untuk menyertakan Windows XP ke dalam laptop OLPC ini dengan menambahkan harga beberapa dolar dari harga dasarnya. Masuknya Microsoft ke proyek OLPC ini sedikit banyak menimbulkan pro dan kontra.

Spesifikasi Laptop ini memang masih sedikit kalah dibandingkan Asus Eee PC, namun dengan harga yang ditawarkan dan juga desain yang tahan banting dan bisa diengkol untuk memenuhi kebutuhan sumber dayanya membuat Laptop XO ini cukup menarik untuk dimiliki oleh orang yang mobile dengan kebutuhan dasar: internet, webcam, word processor dan spreadsheet.

Perkembangan mengenai OLPC ini bisa Anda ikuti di situs OLPCNews.

Pendapat pribadi:

Kalau disuruh memilih antara Eee PC dan OLPC, terus terang saya akan pilih beli OLPC. Walaupun prosesor, kapasitas storage, dan memorynya masih kalah dengan Eee PC, tapi sepertinya tawaran tidak butuh bawa-bawa charger akan membuat Laptop XO ini benar-benar mudah dibawa.

Desain yang tahan banting juga menjadi pertimbangan bahwa saya tidak akan merusaknya ketika tidak sengaja menjatuhkannya. Apalagi senang rasanya mengetahui bisa menyumbang 1 laptop ketika membeli 1 laptop. Sayangnya saya tidak tahu kapan Laptop XO ini sampai ke Indonesia ataupun Thailand.

Sumber dan image dari: BBC News, OLPCNews.

Pakaian yang “mencuci” sendiri

Mar 13

oleh risna, pada 6:27 pm 873 Views

Catatan: berita ini lebih ke arah opini sebagai ibu rumah tangga

Penemuan baru di bidang tekstil oleh peneliti di Universitas Monash, Australia ini tentunya berita bagus buat para ibu rumah tangga yang selalu mengeluh dan berharap ada baju yang bisa membersihkan dirinya sendiri sehingga pekerjaan rumah tangga bisa berkurang.

Para peneliti yang dipimpin oleh Walid Daoud, seorang peneliti kimia organik dan nanomaterial, menemukan cara melapisi kain dengan titanium dioxide nanocrystals, yang dapat memecah remah makanan dan kotoran yang mungkin menempel di pakaian apabila pakaian itu berada di bawah sinar matahari.

Mereka telah membuat serat alami seperti wool, sutera dan hemp yang akan secara otomatis membersihkan diri sendiri dari remah makanan, kotoran lain yang menempel di pakaian dan bahkan noda dari anggur merah ketika pakaian itu terkena sinar matahari.

Walaupun lapisan titanium dioxide nanoparticles itu bisa mengoksidasi bahan-bahan organik yang menodai pakaian, bahan nanopartikel tersebut tidak akan mendekomposisi wool dan tidak berbahaya untuk kulit manusia. Bahkan menurut Daoud, lapisan nanopartikel ini tidak akan mengubah bentuk dan nilai rasa dari bahan pakaian aslinya. Para peneliti optimis bahwa bahan pakaian yang dilapisi nanopartikel ini sudah akan ada di pasaran dalam waktu 2 tahun mendatang.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara kerja nanopartikel membersihkan pakaian, silahkan baca artikel lengkapnya. Saya pribadi tidak sabar menunggu bahan pakaian itu beredar dipasaran, dan berharap harga jualnya cukup terjangkau

Sumber : Technology Review

Kamera tembus ‘pakaian’

Mar 13

oleh risna, pada 10:55 am 1,508 Views

ThruVision system adalah sebuah kamera yang dapat “melihat” bahan peledak, narkotika dan senjata berbahaya yang disembunyikan di bawah pakaian. Kamera ini bisa melihat dari jarak 25 meter dan ideal digunakan di airport, stasiun kereta api, atau tempat publik lainnya.

Jangan salah sangka, kamera ini tidak melihat “detail tubuh” dan juga tidak mengakibatkan radiasi yang berbahaya untuk manusia. System ini dirancang berdasarkan teknologi yang disebut “terahertz”, atau teknologi T-ray, yang biasanya digunakan oleh astronom untuk mempelajari bintang yang hampir mati.

Jika Anda tertarik mengetahui lebih jauh teknologi T-ray , silahkan baca sumber beritanya ya :).
Sumber : BBC News

Mar 25

Menkominfo: Tanda Tangan Elektronik Berkekuatan dan Berakibat Hukum ~ Peningkatan Teknologi makin pesat

Ilmu pengetahuan sudah bukan barang baru lagi buat kita Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Muhammad Nuh, mengatakan bahwa sesuai pasal 11 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang disahkan DPR, maka tanda tangan elektronik mempunyai kekuatan hukum dan akibat hukum (more)

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 25

DPR Setujui RUU Informasi dan Transaksi Elektronik ~ Kemajuan sains amat cepat sekali

Sains bukanlah barang baru lagi untuk khalayak umum DPR melalui rapat paripurnanya di Jakarta, Selasa, menyetujui pengesahan RUU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). kamu jangan sampai keteteran berita

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 25

Kepolisian Berharap Ada UU “Cyber Crime” : Peningkatan Teknologi amat diluar dugaan

Sains bukanlah barang baru lagi untuk kita Kepolisian RI mengharapkan adanya Undang-Undang (UU) yang khusus mengatur mengenai kejahatan di dunia maya (cyber crime) menyusul diundangkannya Rancangan Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) menjadi UU oleh DPR RI pada Selasa.Untuk kamu jangan sampa (more)

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Cassini Lewati Semburan Geyser di Luar Angkasa ; Peningkatan Teknologi sangat diluar dugaan

Teknologi sudah bukan hal baru untuk anak mudaWahana bernama Cassini sukses melintas di dekat puncak semburan geyser di permukaan Enceladus, salah satu bulan Planet Saturnus.Untuk anda jangan sampai keteteran berita

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Spesies Baru Burung Kacamata Ditemukan : Kecanggihan ilmu pengetahuan kian cepat sekali

Sains sudah bukan hal baru buat anak mudaPara peneliti Indonesia menemukan spesies baru burung Kacamata Togian (Zosterops Somadikartai) di Kepulauan Togian, Teluk Tomini, Sulawesi Tengah.Untuk kamu jangan sampai keteteran informasi

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Astronot Pasang Robot di Stasiun Antariksa = Kemajuan ilmu pengetahuan kian pesat

Teknologi sudah bukan barang baru untuk kitaBegitu merapat ke stasiun antariksa internasional (ISS), para astronot langsung memasang robot Dextre milik Kanada.Untuk anda ngga boleh sampai keteteran informasi

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Kawah Misterius Kembali Terekam di Merkurius = Kecanggihan sains sangat pesat

Sains sudah bukan barang baru lagi buat kitaDua jenis kawah di Planet Merkurius masih menyimpan teka-teki. Selain dikelilingi halo atau lingkaran gelap di sekelilingnya, dasar salah satu kawah mengilap. kamu ngga boleh sampai ketinggalan berita

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Robot Berotot Tidak Lagi Kaku : Peningkatan sains makin diluar dugaan

Ilmu pengetahuan bukanlah hal baru untuk anak mudaRobot identik dengan bentuk yang kaku, namun tidak lagi jika dilengkapi otot buatan yang terbuat dari material yang lunak. kamu jangan sampai ketinggalan informasi

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Pesawat Ulang-alik Antariksa Endeavour Diluncurkan : Peningkatan sains makin diluar dugaan

Sains sudah bukan barang baru lagi untuk anak muda Pesawat ulang alik antarariksa Amerika Serikat (AS), Endeavour, dengan tujuh awak di dalamnya, telah meluncur hari Selasa pada pukul 2:28 waktu setempat (12:28 WIB) dari Pusat Antariksa Kennedy, Florida.Buat anda jangan sampai ketinggalan informasi

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Mar 14

Masalah KSO Telkom Rampung 2010 ~ Peningkatan ilmu pengetahuan sangat cepat

Teknologi sudah bukan barang baru lagi buat anak muda Penyelesaian Kerjasama Operasional (KSO) PT Telkom Tbk dengan mitranya di berbagai provinsi di seluruh Indonesia menyisakan permasalahan yang kompleks, dan baru bisa diselesaikan setidaknya setelah 2010. kamu ngga boleh sampai ketinggalan informa (more)

Posted in Berita Teknologi | No Comments »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar